Contoh Surat Lamaran Kerja - Surat Kuasa Perjanjian - Surat Keterangan - Surat Pernyataan

Sabtu, 14 November 2015

Contoh Surat Lamaran Kerja Baik dan Benar

Contoh surat lamaran kerja ini di buat sudah pasti untuk jadi rekomendasi untuk anda yang tengah mencari tips untuk melamar lowongan pekerjaan. Mungkin saja ada banyak contohnya surat lamaran di internet yang sediakan tips bagaimana caranya membuat surat melamar pekerjaan yang baik dan benar berikut contoh suratnya baik itu surat lamaran kerja untuk melamar ke perusahaan ataupun surat lamaran pekerjaan untuk CPNS. Surat lamaran kerja pada artikel ini telah kami susun sesuai sama format & susunan penulisan lamaran kerja yang standar. Sebelum melihat ke contoh surat lamaran sebaiknya anda simak juga persyaratan apa saja untuk membuat surat lamaran kerja yang benar.

Karenanya bagaimanapun juga surat lamaran yang kita kirim merupakan bagian dari proses awal yang memastikan & terbukanya kesempatan anda layak atau tidak diterima pekerjaan menjadi karyawan dari sebuah perusahaan. Pelajari terlebih dulu langkah buat surat lamaran kerja dengan memerhatikan contoh surat lamaran kerja yang bakal dbagikan pada kesempatan kali ini

Cara buat surat lamaran kerja

Tersebut disini susunan atau format penulisan surat lamaran kerja yang perlu anda perhatikan, diantaranya:
  1. Tempat & tanggal penulisan
  2. Perusahaan yang ditujukan
  3. Salam hormat
  4. Kata pengantar
  5. Biodata pribadi
  6. Pengalaman kerja & skill
  7. Harapan
  8. Penutup

Juga pada saat penulisan surat perhatikan juga beberapa kriteria penulisan surat lamar kerja yang benar, yaitu:
  1. Memakai bahasa yang benar dan bak.
  2. Surat lamaran kerja sebaiknya ditulis dengan cara manual & memanglah anda yang membuatnya
  3. Format penulisan disusun dengan rapi memakai bahasayg tidak berbelit-belit.
  4. Lampirkan surat pendukung yang lain seperti: ijazah, sertifikat pengalaman kerja, daftar riwayat hidup, dll
  5. Lengkapilah data-data yang diperlukan oleh perusahaan tempat anda akan melamar pekerjaan tersebut.

Contoh Surat #1
Jakarta, tgl bulan tahun


Kepada Yth :
HRD PT Maju Terus Jaya
Jl. Alamat lengkap No. 10 Jakarta Timur

Perihal: Lamaran kerja

Dengan Hormat,
Berdasar pada info dari media cetak, koran Terpadu tentang lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Lewat surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi yang diperlukan sekarang ini. Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

  • Nama:
  • Tempat/Tanggal Lahir:
  • Jenis Kelamin:
  • Pendidikan:
  • Alamat:
  • Telephone:

Untuk melengkapi sebagian data yang dibutuhkan juga sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan, saya lampirkan juga kelengkapan data seperti berikut :
  1. Pas Foto.
  2. Foto kopi KTP
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Foto kopi Sertifikat Competensi
  5. Foto kopi Ijazah Terakhir
  6. Foto kopi Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sesungguhnya, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya,

ttd

Nama Lengkap Anda

Contoh Surat #2
Bekasi, tgl bulan tahun


Kepada Yth :
HRD PT. Sinar Kekal,
Jl. Alamat lengkap No. 10 Bekasi Timur


Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan dibawah ini :
  • Nama:
  • Tempat, Tgl. Lahir:
  • Alamat:
  • No. Telp/HP:
  • Pendidikan:

Melalui surat ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sebagai Marketing.

Saya mempunyai pengalaman kerja sebagai Marketing Manajer di salah satu perusahaan terpenting di Jakarta, dengan surat lamaran ini saya siap untuk memberi dedikasi dan kompetensi baik tenaga dan waktu saya jika dibutuhkan. Besar harapan saya supaya bisa diberikan kesempatan wawancara ataupun tes lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan data sebagai berikut:
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Fotocopy KTP 
  3. Pas foto paling baru
  4. Fotocopy sertifikat
  5. Fotocopy Ijazah
  6. Fotocopy transkrip nilai
  7. Surat Pengalaman Kerja
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sesungguhnya, saya ucapkan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan.

Hormat saya,

ttd

Nama Lengkap Anda

Catatan:
CV adalah lampiran kelengkapan yang diikutkan dalam surat lamaran kerja yang anda kirim, itu berarti anda mesti membuat surat lamaran kerja & dilengkapi dengan curriculum vitae (cv) &  data-data kelengkapan yang lain yang telah disebutkan pada contohnya surat lamaran kerja diatas.

Ada banyak hal yang perlu di perhatikan saat membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Untuk membuat surat lamaran, sesungguhnya sangatlah tergantung pada apakah akan melamar lowongan kerja utk perusahaan swasta, pemerintah atau BUMN. Dalam menulis lamaran kerja  bisa memakai tulisan tangan atau memakai mesin ketik, tetapi dari info dinas ketenagakerjaan diterangkan bahwa bila melamar kerja untuk perusahaan biasanya dapat di buat lewat cara tulis tangan ataupun mesin ketik. sedang untuk membuat surat lamaran kerja untuk CPNS maka mesti ditulis dengan tulisan tangan, tetapi bukanlah bermakna anda tdkbisa menulis dengan mesin ketik (atau komputer memakai MS. Office). Jadi pada curriculum vitae diberikan penjelasan singkat anda juga trampil memakai mesin ketik atau mengoperasikan MS. Office.

Demikianlah beberapa info tentang bagaimanakah caranya membuat surat lamaran kerja yang baik dan lengkap. Semoga posting kali ini dapat membantu untuk mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan. Berbagi ke rekan anda jika anda rasa bermanfaat untuk teman anda yang lainnya, terimakasih....